Sabtu, 30 Juli 2011

POTENSI DESA TRIDADI SLEMAN

Desa Tridadi memiliki banyak potensi yang terus diperhatikan dan sampai sekarang terus-menerus dikembangkan sehingga menjadi suatu hal yang dapat dinikmati semua orang, Adapun potensi yang terdapat di Desa Tridadi diantaranya:

1. Pertanian

               Di setiap Padukuhan yang terdapat di Desa Tridadi memiliki lahan pertanian yang cukup luas, jenis tanaman yang umum ditanam seperti padi, palawija, beberapa tanaman holtikultura.

2. Peternakan

               Bidang peternakan di Desa Tridadi memiliki potensi yang sangat baik. Dibeberapa Padukuhan, diantaranya Padukuhan Jaban telah terbentuk kelompok kandang dengan struktur kepengurusan yang tersusun dengan baik. Ternak yang mendominasi seperti sapi( jawa , simetal, dll ), kambing, ayam ataupun bebek.

3. Industri Kecil Menengah

               Masyarakat Desa Tridadi juga banyak yang bergerak di Bidang Usaha Kecil Menengah seperti:

  1. Usaha produk olahan:Emping dan Telur Asin(Padukuhan Beteng), Kue Basah (Padukuhan Denggung, Padukuhan Jaban, Padukuhan Bangunrejo, Bakso goreng(Padukuhan Kebonagung), Lempeng(Padukuhan Pisangan),
  2. Usaha kerajinan tangan,
  3. Usaha yang bergerak di bidang jasa, dll

4. Perikanan

               Adanya beberapa sungai kecil maupun besar yang melewati Desa Tridadi, membuat sektor perikanan pun memiliki potensi yang cukup baik. Beberapa Padukuhan yang memiliki potensi Perikanan diantaranya di Padukuhan Beteng, Padukuhan Dukuh, Padukuhan Denggung dengan jenis ikan seperti Nila, Lele, Mujahir, dsb.

5. Pariwisata dan Kebudayaan

               Karena berada dipusat keramaian, maka Desa Tridadi selalu banyak disinggahi masyarakat luar, sekedar berbelanja, maka masyarakat dapat bertransaksi di Pasar Sleman ataupun Pasar Denggung. Berekreasi bersama keluarga maka masyarakat dapat pergi ke Tirta Artha ataupun Taman Denggung. Selain itu, Tridadi juga menyuguhkan Beji Indah sebagai salah satu pariwisata yang dapat dinikmati yang mana saat ini masih dalam proses perencanaan.

          WEBSITE DESA TRIDADI SLEMAN

Tidak ada komentar: